welcomr


Selasa, 05 Juni 2012

Contoh Pandahuluan Laporan "PENDAHULUAN"


Pendahuluan

A.  Latar Belakang

Hidup manusia didunia memang seperti roda yang berputar. Kadang berapa di atas , tetapi juga tidak jarang menempati tempat yang tidak menguntungkan. Pola hidup yang tidak menguntungkan itu sangat beragam, antara lain sedih, maut, bingung, gundah bahkan sampai frustasi.
Oleh karena itu, diperlukan hal yang mampu membuat pola hidup seperti ini menjadi hal yang berbeda, tentunya yang bisa memotifasi hidup menjadi lebih bermakna dan penuh semangat.tidak dapat dipungkiri juga bahwa hal ini dirasakan oleh semua interval umur kehidupan masyarakat. Umur produktif, non produktif, tua, muda, remaja bahkan anak-anak bisa terjangkit perasaan yang serba tidak tepat seperti ini.

Sebagai pelajar umunya hal seperti ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain pelajaran yang rumit, guru yang tidak disuka, ujian yang sulit, banyaknya tugas, lelahnya otak , pengaruh teman, masalah keluarga, serta ketertarikan pada lawan jenis. pelajar SMP umumnya mengalami masa-masa labil sehinga banyak sekali rintangan yang dihadapi dalam jalan mencari jati diri yang sesungguhnya.
Karya wisata adalah salah satu kegiatan yang cocok untuk mengobati perasaan-perasaan yang negatif. Sebagai siswa-siswi Kelas VIII SMP N 1 Godean juga memerlukan refresing. Karya wisata juga dilatar belakangi karena siswa-siswi ingin mengenal lebih dekat tempat-tempat wisata yang memuat ilmu pengetahuan khususnya di daerah Kota Bandung. Selain itu, siswa juga dapat  mempraktikkan secara nyata dan  menganalisis atau mengamati lingkungan sekitar yang lebih mendekati pada kehidupan yang benar-benar relistis dan berhubungan erat pada pekerjaan. Sekolah juga dapat melaksanakan programnnya bagi siswa-siswi kelas VIII SMP N 1 Godean. Untuk pembelajaran di luar sekolah.


B.   Tujuan

1.      Manambah wawasan.
2.      Untuk mengenalkan pada siswa, objek-objek yang ada di Bandung yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran di sekolah.
3.      Mengembalikan kesegaran pada lemahnya otak yang selalu bekerja.
4.      Mengenal lebih jauh wisata pendidikan
5.      Mengenal dan memahami lebih dekat dunia permoseuman (Moseum Geologi dan ITB)
6.      Melatih siswa mengerjakan tugas melalui kerja nyata di lokasi sebenarnya.
7.      Melatih siswa bekerja kelompok secara interaktif.
8.      Mengkaji lebih jauh nilai-nilai budaya, sejarah, dan unsur kehidupan lainnya melalui tempat wisata yang mendukung.
9.      Untuk melengkapi tugas Bahasa Indonesia


C.   Manfaat

1.      Sebagai alternatif penambah wawasan tentang wisata Indonesia.
2.      Dapat mengkaji lebih dalam mengenai sejarah bangsa maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.      Dapat meningkatkan kebersamaan antarsiswa atau antaranggota keluarga besar SMP N 1 Godean.
4.      Dapat membuat siswa lebih atraktif (memiliki rasa ingin tahu yang tinggi) terhadap hal asing yang tidak biasa bagi dirinya
5.      Memiliki pengetahuan yang lebih, tentang wisata bila dibandingkan dengan orang yang hanya mengandalkan narasumber atau media lain sebagai sumber wawasan.
6.      Tidak lagi menjadi manusia yang terbelakang (setidaknya dengan berwisata kita lebih maju satu langkah dalam menggapai wawasan yang luas dan beragam)
7.      Sebagai sarana refresing atau relaksasi diri.




D.  Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah metode observasi (pengamatan) ,wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi yaitu metode yang dilakukan dengan mengamati langsung objek-objek wisata yang dikunjungi.
Dalam arti sempit, observasi diartikan sebagai tindakan pengamatan secara langsung terhadap suatu gejala yang diselidiki, baik dalam situasi alami maupun buatan. Sedangkan dalam arti luas, observasi berarti pengamatan terhadap suatu objek , baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan alat penolong, ataupun data-data lain yang mendukung.
Metode wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi dimana sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai. Dengan cara ini kami dapat mengumpulkan beberapa data untuk membuat laporan.
Dokumentasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai sesuatu yang tertulis , tercetak atau terekam yang dapat dipakai sebagai bukti atau keterangan. Dengan metode ini kami dapat mengumpulkan data-data, keterangan-keterangan untuk membuat laporan ini.

2 komentar:

  1. Makasih banyak :D bermanfaat, izin copy :)

    BalasHapus
  2. salam ukhwuah.. semakin banyaknya isu terkait terorisme di indonesia ternyata dijadikan momentum oleh kelompok radikalisasi. bergabung lah bersama yang lainnya untuk menyelamatkan indonesia dari genggaman teroris. http://transparan.org/

    BalasHapus