welcomr


Sabtu, 09 Juni 2012

Manfaat buah naga bagi kesehatank, kecantikan


Buah naga merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga hylocereus dan selenicereus. Banyak dari kalangan masyarakat sudah mengenalnya bahkan sudah membudidayakannya. Manfaat buah naga sangat besar untuk kesehatan tubuh kita, dengan rasanya yang manis dan segar. Bentuk buah ini sangat unik dan berbeda dengan buah lainnya dengan kulitnya yang berbentuk menyerupai sirip naga dan pohonya menjalar.

Jenis buah naga yang dikembangkan di indonesia ada empat macam, yaitu buah naga putih, buah naga merah dan buah naga hitam serta buah naga kuning. Dari masing-masing buah tersebut mempunyai manfaat yang berbeda. Buah naga putih yaitu buah naga yang isinya berwarna putih dan buah ini berasal dari meksiko. Sedangkan buah naga merah yaitu buah hasil silangan buah naga putih dengan kaktus merah dari korea, yang mana buah naga merah ini dagingnya berwarna merah dan memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh kita.


Buah naga hitam yaitu buah naga yang isi dangingnya berwarna hitam dan manfaatnya tidak kalah besar dengan buah naga merah. Buah naga hitam berasal dari pemupukan buah naga merah dengan pupuk natural hitam sehingga menjadi buah naga yang dagingnya berwarna hitam. Begitu juga dengan buah naga kuning yang berasal dari penyilangan antara buah naga putih dengan kaktus kuning yang berasal dari israel.

Khasiat buah naga biasanya dimanfaatkan sebagai buah penghilang dahaga karena banyak mengandung kadar air tinggi sekitar 90% dari berat buah. Selain itu, buah naga mengandung potasium, ferum, protein, serat, sodium dan kalsium yang baik untuk kesehatan. Buah naga bisa anda sajikan dalam bentuk jus, sari buah, manisan maupun selai atau beragam bentuk penyajian sesuai selera anda.

Manfaat buah naga merah sangat baik untuk sistem perederan darah, juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik dalam darah serta bisa mencegah kanker usus, selain mencegah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Serat yang terkandung dalam buah naga merah bekhasiat untuk mencegah kanker usus, kencing manis dan baik dikonsumsi untuk anda yang lagi melakukan proses diet. Kandungan karotin yang terdapat didalamnya berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, menguatkan otak dan sebagai pencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh. Kalsiumnya berfungsi untuk menguatkan tulang agar tidak mudah keropos.

Kandungan buah naga selain diatas yaitu mengandung zat besi sebagai penambah darah dan ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit anemia. Vitamin B1 berkhasiat untuk mencegah demam pada badan, Vitamin B2-nya berkhasiat sebagai penambah selera makan, Vitamin B3-nya berkhasiat menurunkan kadar kolestrol dan Vitamin C yang terkandung didalamnya berkhsiat sebagai penambah kehalusan kulit serta bisa mencegah datangnya jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar